Penyakit Pankreas

pankreasSelain memproduksi hormon insulin, pankreas atau disebut kelenjar ludah perut juga menghasilkan sejumlah enzim. Enzim yang diproduksinya berfungsi membantu pencernaan makanan yang kita konsumsi. Ada enzim pemecah karbohidrat, selain pemecah lemak, dan protein. Dengan demikian laju metabolisme apa saja yang kita santap akan lancar prosesnya berkat kehadiran enzim-enzim pankreas.

Enzim yang diproduksi dialirkan melalui saluran ke dalam usus duabelas jari. Setelah makanan digiling dan dicampur dengan asam lambung, proses selanjutnya berlangsung di dalam usus duabelas jari sebagai kelanjutan dari lambung sebelum masuk ke usus halus, tempat sebagian besar sari makanan yang sudah diolah menjadi zat gizi yang bisa diserap oleh usus memasuki aliran darah.

Sebagaimana organ tubuh umumnya, kelanjar pankreas juga bisa terganggu fungsinya. Siapa pengganggu pankreas juga tak berbeda dengan pengganggu fungsi organ tubuh lain, yakni infeksi dan radang, selain kemungkinan oleh tumbuhnya tumor dan kista.

Setiap terjadi gangguan pada pankreas, apa pun bentuk dan penyebabnya, yang akan muncul tentu gangguan fungsi. Oleh karena fungsinya memproduksi hormon insulin dan enzim perut, gejala dan keluhan yang muncul pun seputar gangguan insulin dan enzim.

Pancreatitis

Dari sekian jenis penyakit pada pankreas, paling sering jenis penyakit pankreas adalah meradangnya kelenjar yang ukurannya tak lebih besar dari telapak tangan anak. Penyebab peradangan pankreas tidak selalu jelas. Bisa muncul akibat komplikasi virus gondong (mumps, parotitis), gangguan batu empedu, jejas (trauma) sehabis pembedahan perut, pada mereka yang tinggi kadar lemak darah (hyperlipidemia), pada yang kelenjar anak gondoknya terlalu aktif (hyperparathyroidism), selain pengaruh obat-obatan, serta pada peminum alkohol.

Sepertiga kasus meradangnya pankreas, tak diketahui sebabnya. Mendadak saja terjadi peradangan. Berat-ringannya keluhan penyakit yang terlihat dan terasa tergantung seberapa luas peradangan dan atau infeksi mengenai sosok kelenjar ini.

Pancreatitis atau meradang dan infeksi pankreas awalnya muncul dadakan (acute). Setelah seseorang pernah punya riwayat pancreatitis, suatu waktu pancreatitis-nya bisa kambuh berulang (acute relapsing).

Dan bila penyakitnya terus berulang, sehingga struktur dan fungsi kelenjarnya berubah secara menetap, akan menjadi pancreatitis yang menahun dan kemungkinan juga bisa berulang (chronic relapsing). Bisa saja terjadi, kendati sudah sekian lama mengidap pancreatitis, penyebabnya belum tentu sudah dikenali.

Facebook Comments