Kesehatan Saraf yang Sering Diabaikan

Kesehatan Saraf yang Sering Diabaikan – Saraf yang sehat memainkan peran yang sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saraf berfungsi seperti pengirim yang menghubungkan otak ke seluruh tubuh. Saraf mempengaruhi setiap gerakan dan rasa dalam tubuh kita yang turut mencakup berbagai fungsi tidak terkendali seperti denyut jantung, pencernaan serta pernapasan.

Kesehatan Saraf yang Sering Diabaikan

Tahun lalu, pemeriksaan saraf telah dilakukan terhadap lebih dari 13.000 individu di seluruh negara. Dan ditemukan 27% didiagnosis neuropati dan 26% mengalami kerusakan saraf. Bahkan berdasarkan tinjauan oleh Merck (perusahaan terkemuka di bidang farmasi) di Lembah Klang tahun lalu, satu dari dua individu berusia 21 tahun ke atas menunjukkan tanda-tanda kerusakan saraf seperti rasa bersemut, nyeri kesemutan, rasa kebas dan rasa terbakar pada anggota badan.

Kerusakan saraf dapat mempengaruhi kemampuan indera dan gerakan kita. Risiko kerusakan saraf lebih mudah disadari oleh penderita diabetes karena tingkat gula yang tinggi dalam darah dapat merusak saraf.

Penyebab Risiko Kerusakan Saraf

Sadar atau tidak, kita semua rentan terhadap risiko kerusakan saraf. Ini karena gaya hidup serta aktivitas seharian merupakan salah satu faktor risiko. Antara gaya hidup seharian yang menjadi penyebab risiko kerusakan saraf:

  • Duduk terlalu lama di kantor
  • Terjebak terlalu lama dalam kemacetan lalu lintas
  • Aktivitas berulang seperti mengetik serta memasak
  • Pastur tubuh tidak berada dalam kondisi yang tepat
  • Pakaian terlalu ketat
  • Masalah obesitas

Ketidaknyamanan seperti kesemutan, nyeri kesemutan, pedih atau rasa terbakar merupakan tanda Anda mungkin mengalami kerusakan saraf. Lakukan pemeriksaan dengan segera ketika Anda merasa ketidaknyamanan tersebut. Ini penting agar kerusakan saraf dapat terdeteksi sedini mungkin.

Perawatan Saraf

Semakin banyak individu yang sadar akan kepentingan pencegahan. Satu tindakan yang harus dipuji. Untuk menghindari kerusakan saraf, latihan sederhana dan gaya hidup sehat serta diet seimbang adalah sangat direkomendasikan.

Selain itu, Anda dianjurkan mengonsumsi vitamin neuropati yaitu vitamin B1, B6, dan B12. Vitamin ini sangat penting dalam menjaga kesehatan saraf serta berfungsi mengobati atau memperlambat neuropati. Vitamin B menyehatkan serta melindungi sel saraf sehingga meningkatkan fungsi sel-sel yang bersangkutan serta nyeri.

Fungsi vitamin neuropati:

  1. Vitamin B1 menguatkan saraf serta berfungsi sebagai sumber energi bagi saraf.
  2. Vitamin B6 mendorong pengiriman impuls saraf selain membantu mengurangi rasa sakit.
  3. Vitamin B12 memulihkan saraf dan mencegah sel saraf rusak dan penting untuk kesehatan saraf keseluruhan.

Tinjauan yang dilakukan telah menunjukkan banyak yang mengalami tanda awal kerusakan saraf karena gaya hidup yang selalu sibuk berkontribusi pada kerusakan saraf.

Jadi, ambil langkah pencegahan hari ini dan lakukan pemeriksaan jika Anda mengalami gejala ketidaknyamanan

Baca juga : Obat Tradisional Payudara Bengkak

Facebook Comments